Jurus Jitu Pencitraan buat Para Programmer

Jurus Jitu Pencitraan buat Para Programmer – Programmer, Developer, Software Engineer atau istilah lain yang punya artian hampir sama beberapa waktu belakangan memang menjadi salah satu profesi yang hype sekali. Hal ini juga sejalan dengan sangat berkembangnya startup yang bergerak di bidang hiring karyawan atau head hunter yang beberapa diantaranya bahkan berani men-spesialisasikan diri mereka dalam untuk membantu mencarikan karyawan khusus di bidang IT seperti contohnya adalah beberapa profesi yang saya sebut di depan.

Dengan semakin dikenalnya profesi tersebut berarti juga akan meningkatkan minat banyak orang lain untuk ikut atau sekedar ikut-ikutan terjun dan belajar untuk menekuni profesi tersebut. Meskipun diakui bahwa tidak gampang untuk serius menekuni profesi di bidang seperti IT namun dengan semakin tingginya minat di bidang IT maka secara kasar kita bisa bilang bahwa persaingan untuk mendapatkan satu pekerjaan juga semakin tinggi. Dan dengan semakin tingginya persaingan maka kita juga perlu mempersiapkan beberapa hal agar tidak tenggelam oleh banyaknya kompetitor yang siap menikung Anda kapan saja.

Dalam artikel ini saya akan membagikan beberapa jurus untuk melakukan pencitraan bagi kalian para programmer di luar sana. Kenapa harus pencitraan ? Karena yang menilai kita adalah orang lain, dan baik buruknya​ penilaian orang lain terhadap kita itu tergantung dari citra kita di mata orang tersebut. Berikut beberapa jurus yang bisa saya bagikan kepada teman-teman sekalian :

1. Menulis

Sumber : inspirasi.co

Menulis merupakan langkah pertama yang bisa kalian coba untuk melakukan pencitraan diri kalian di mata banyak orang di luar sana. Tulisan seseorang memang seringkali merefleksikan pengetahuan seseorang, namun fakta bahwa sebuah tulisan adalah merupakan buah pemikiran yang tidak datang dalam sekejap mata dan bisa dibuat kosep yang matang adalah peluang bagi kita untuk menjadikan tulisan-tulisan yang kita buat/tulis bisa lebih berkesan dan bermanfaat bagi banyak orang.

Menulis bisa meluangkan apa yang telah kita ketahui untuk dibagikan kepada orang lain. Menulis bisa juga menjadi catatan bagi diri sendiri mengenai apa yang telah kita pelajari dan mungkin suatu saat akan berguna bilamana kita lupa akan hal tersebut. Menulis tidak harus mengambil tema yang begitu disukai oleh orang, menulis bisa dimulai dari hal yang kita sukai dan kita ketahui.

Mengenai menulis ini sendiri saya juga telah membuat tulisan terpisah yang menjelaskan kenapa seorang programmer menurut saya perlu untuk meluangkan waktu untuk menulis. Bisa dibaca disini.

2. Sharing Kode

Github Activity Stream

Sebagai programmer terkadang menulis sebuah artikel bukanlah hal yang mudah, menulis kata demi kata untuk menjadi sebuah artikel yang enak dibaca merupakan hal yang sulit bagi orang seperti kita. Solusi bagi kalian yang malas menulis artikel adalah tulis sebuah kode untuk kemudian dibagikan ke khalayak ramai. Menulis kode tentunya lebih mudah bagi kita yang seorang programmer karena sudah merupakan aktivitas yang dikerjakan setiap hari.

Beberapa programmer bisa terlihat skill nya dengan melihat kode yang dia tulis, jadi mulailah membuat kode sederhana kalian sendiri untuk kemudian dibagikan dan menerima berbagai kritik dan saran mengenai kesalahan dan pengembangan kode tersebut. Hal-hal seperti itu harus dilakukan secara bertahap dan terus menerus, karena mereka yang rajin berbagi kode-kode keren pun pernah mengalami masa-masa awal yang cupu.

3. Bergabung Dengan Komunitas

Dokumentasi di salah satu event PHP Indonesia

Komunitas merupakan perkumpulan dari banyak orang yang berasal dari berbagai latar belakang namun memiliki kecintaan dan minat dalam hal yang sama. Itu mengapa ikut dalam sebuah komunitas merupakan hal baik bagi kalian programmer, karena kalian bisa bertemu dengan banyak orang yang bergelut di hal yang sama dengan kalian. Di dalam komunitas kalian bisa bertemu dan belajar dari banyak orang yang lebih dahulu dan lebih hebat dalam segala hal daripada kalian, di dalam komunitas pun kalian bisa berbagi dengan mereka yang baru saja belajar mengenai apa yang sudah lebih dahulu kalian pelajari. Komunitas hidup karena orang-orang didalamnya yang senantiasa saling berbagi dan tidak terus-menerus menunggu untuk dibagikan sesuatu. Jadi bila ingin menjadi bagian yang baik dari suatu komunitas maka pastikan juga kalian mengambil peran yang seimbang antara belajar dan mengajar, antara berbagi dan dibagikan, antara menerima dan memberi. Dengan begitu keberlangsungan sebuah komunitas bisa terus terjaga dan regenerasi bisa tetap berjalan dengan baik.

4. Berdiri Diantara Mereka

Dokumentasi Surabaya Developer Day 2017

Salah satu jurus yang paling ampuh untuk melakukan sebuah pencitraan adalah menjadi berbeda dan menonjol diantara banyak orang yang ada. Ya, kita semua bisa jadi memiliki skillset yang sama namun tentu saja mereka yang mau menonjol dibandingkan teman lainnya akan dianggap lebih bisa. Namun hal ini harus dilakukan dengan bertahap dan hati-hati karena bila salah mengambil tempat bukannya menjadi lebih menonjol malah sebaliknya. Memilih audience yang tepat juga menjadi syarat mutlak terutama bagi kita yang baru saja memulai untuk melakukan cara-cara ini. Mulai dari teman terdekat dan dalam jumlah yang sangat sedikit tentu akan sangat membantu kita dalam mengasah kemampuan untuk mau berdiri diantara mereka.

Berdiri diantara mereka sebenarnya tidak harus selalu diartikan secara harafiah juga, karena hal ini sebenarnya hanya kiasan bahwa kita mesti mau mengambil peran yang mungkin orang lain masih memikirkan untuk mengambilnya. Kita bisa mengambil peran untuk menjadi yang terdepan ketika orang lain masih merasa sungkan untuk mengambil peran tersebut. Istilah ini bisa diterapkan ke berbagai hal dan tidak harus selalu berarti berdiri untuk menyampaikan materi. Kita bisa saja mengambil peran untuk aktif di sebuah komunitas sebagai seorang yang mengatur dan membantu jalannya sebuah event (*yang kita tahu tidak semua orang mau), dan banyak peran lain yang bisa kita ambil untuk bisa berdiri diantara mereka.

5. Silaturahmi

Dokumentasi Geek Camp 2017

Programmer merupakan dunia yang dekat dengan Internet dan segala yang berbau dunia maya, namun jangan pernah dilupakan bahwa kita hidup di dunia nyata. Segala hubungan baik yang terjalin lewat dunia maya tidak akan pernah sama dengan hubungan yang terjalin baik lewat dunia nyata. Itu mengapa jangan pernah segan untuk menyapa, menegor, ataupun menemui orang-orang yang kalian telah kenal dalam komunitas online karena hal tersebut akan mempererat hubungan antar kalian.

Menjalin hubungan baik dengan banyak orang adalah cara ampuh untuk pencitraan kalian, karena kalian tidak perlu repot-repot untuk memberitahukan siapa diri kalian dan apa yang kalian telah lakukan jika kalian telah mengenal dengan baik orang tersebut. Pencitraan akan berjalan dengan sendirinya bila kalian mengenal banyak orang diluar sana.

 

Semua yang saya tulis dalam artikel ini merupakan pendapat pribadi beserta pengalaman yang saya alami tentu saja juga ditunjang dari beberapa sumber dan bahan bacaan yang saya telah baca dan telaah, bila ada perbedaan pendapat, koreksi maupun penambahan dari kalian semua silahkan tinggalkan komentar di artikel ini.