Belajar Angular – Bagian 5 – Membuat Custom Pipe atau Filter

Belajar Angular - Bagian 5 - Membuat Custom Pipe atau Filter
Belajar Angular – Bagian 5 – Membuat Custom Pipe atau Filter

Belajar Angular – Bagian 5 – Membuat Custom Pipe atau Filter – Angular dari semasa masih versi satu sudah menyediakan fitur keren ini, di AngularJS kita kenal dengan nama Filter sedangkan di Angular kini dikenal dengan sebutan Pipe. pipe/Filter ini sendiri merupakan fitur yang memungkinkan kita untuk men-transform atau mengubah maupun mem-format suatu data secara real-time. Pipe/Filter ini tidak berubah dari versi sebelumnya dari sisi sintax penggunaannya tetap ditandai dengan adanya pipe symbol (|) diikuti nama filter/pipe nya, contoh {{ dateNow | date }}.

Tulisan ini merupakan serial pembahasan mengenai framework Angular, Anda mungkin ingin membaca tulisan lainnya berikut :

  1. Bagian 1 – Pengenalan dan Inisialisasi Project
  2. Bagian 2 – Membuat Komponen
  3. Bagian 3 – Membuat Service
  4. Bagian 4 – Membuat Route
  5. Bagian 5 – Membuat Custom Pipe atau Filter
  6. Bagian 6 – Persiapan File Production

Seperti juga pada versi sebelumnya, Angular juga menyediakan beberapa built-in Pipe yang bisa kita gunakan langsung seperti DatePipe, UpperCasePipe, LowerCasePipe, CurrencyPipe dan PercentPipe. Namun dari beberapa Pipe yang disediakan ada kalanya kita butuh sesuatu yang belum disediakan oleh Angular dan membuat sendiri Pipe/Filter sesuai dengan kebutuhan kita. Pada tulisan kali ini kita akan belajar bagaimana membuat custom Pipe di Angular, silahkan disimak langkah-langkahnya berikut ini :

Sebelumnya kita akan sedikit bernostalgia bagaimana membuat Filter di AngularJS v.1.x, kodenya kurang lebih akan seperti ini :

Mudah bukan ? Angular pun sebenarnya mudah juga, mari kita belajar untuk membuatnya di Angular :

Pada contoh kali ini saya tidak sempat membuat Pipe yang bermanfaat namun hanya menunjukkan bagaimana untuk membuatnya saja, Anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan Anda masing-masing. Saya akan menambahkan String didepan String yang menjadi value awalnya.
Pertama, saya akan buat file custom Pipe dengan nama film-title.pipe.ts yang isinya :

Bisa dilihat dari kode diatas, bahwa untuk membuat Pipe custom kita membutuhkan dua depedency dari @angular/core yakni Pipe dan PipeTransform.
Pipe akan kita gunakan sebagai decorator seperti kode diatas dimana decorator ini mendefinisikan nama Pipe yang nanti bisa kita pakai di view template kita.
PipeTransform sendiri merupakan interface yang akan kita implement dan menggunakan fungsi transform yang ada didalamnya untuk meletakan kode custom Pipe kita. fungsi transform ini default nya akan menerima satu parameter value yang bisa kita define tipenya, kita juga bisa menambahkan parameter tambahan bila memang dibutuhkan. Fungsi transform ini harus me-return suatu data dimana saya me-return data dengan tipe string dan menambahakan string tambahan sebelum di return.

Selesai membuat file tersebut, kita perlu menambahkan file Pipe tersebut kedalam app.module.ts seperti contoh berikut :

Seperti Anda bisa lihat kita menambahkan depedency Pipe yang kita buat kedalam Array declarations agar bisa digunakan di view template kita.

Untuk menggunakan Pipe yang sudah kita buat sangat mudah bisa dengan cara seperti ini :

Bagaimana ? mudah bukan ? cara diatas adalah cara manual untuk membuat Pipe, sebenarnya Angular-CLI telah menyediakan fitur untuk men-generate custom pipe kita tadi dengan cara :

Dengan begitu Angular-CLI akan menyiapkan file custom Pipe dan akan otomatis menambahkan depedency nya ke dalam app.module.ts kita.

Sekian tulisan dari saya, semoga bermafaat.

Kode yang digunakan dalam tutorial ini diambil dari repository https://github.com/mazipan/ng2-starwars dan bisa dilihat demo nya di : http://mazipan.github.io/ng2-starwars/.
Silahkan dipelajari source code nya.

Ditulis oleh Irfan Maulana.
Salam.